Tampilan Google Keyword Planner 2016 Berubah atau Diperbaharui

Bagi Anda yang sering menggunakan Google Keyword Planner, pasti sering melihat tampilan seperti di bawah ini yang menunjukkan berapa pencarian per bulan (Avg. monthly searches) untuk kata kunci tertentu, dalam kasus ini kata kunci “Kursus Internet Marketing” sebanyak 480 pencarian per bulan.

Tetapi tampilan di bawah ini hanya muncul bagi mereka yang pernah iklan (pengiklan) menggunakan Google Adword dan mengisi kartu kredit atau paypal untuk pembayaran.

Bagimana untuk mereka yang bukan pengiklan?

Bagi mereka yang bukan pengiklan dan pernah menggunakan Google Keyword Planner, tetap bisa mengakses, tetapi tampilannya menjadi seperti di bawah ini.

Angkanya bukan lagi 480, tetapi dalam bentuk rentang antara 100 – 1K (K = 1.000, 100 – 1.000) sehingga pembacaanya jadi agak rancu, bias dan sulit diprediksi. Dan Google memaksa Anda untuk jadi pengiklan dengan memasukkan kartu kredit atau akun paypal anda di sini.

Tetapi bagaimana dengan mereka yang baru membuat akun Google atau mereka yang sudah punya akun Google dan belum pernah mengakses Google Keyword Planner?

Tentunya Google tidak bisa meloloskan Anda untuk menggunakan Google Keyword Planner, Anda harus mengisi kartu kredit atau akun paypal untuk menggunakan alat ini.

Bagaimana kalau saya tidak punya kartu kredit? Silahkan setelah Cara pembayaran”Pembayaran manual” dan Metode pembayaran “Transfer uang”.

 

Selamat menggunakan Google Keyword Planner Gratis Tanpa Bayar! Tetapi kalau Google Adword tetap bayar yah 🙂

Salam Pintar, Beyond SEO!

 



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.