Pentingnya HTTPS atau Sertifikat SSL untuk SEO

Ketika Udin mengirim pesan “Somai” ke Bang Joni, dan agar pesan tersebut tidak diketahui oleh orang lain, maka Udin melakukan enkripsi membalikkan kata menjadi “iamoS” ke Bang Joni. Dan Bong Joni juga harus sudah memahami tentang enskripsi tersebut sehingga memahami apa yang dimaksud Udin. Seperti itulah cara kerja SSL.

Ini biasanya untuk pengamanan ketika Anda memberikan nomor kartu kredit, dan nomor penting lainnya untuk diberikan kepada suatu website untuk berbelanja. Ketika Anda mengirimkan nomor penting tersebut, haruslah dienkripsi, sehingga data tersebut sampai kepada pihak yang bertanggungjawab. Dan bila dicuri oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, maka data tersebut tetaplah aman. Inilah gunanya Sertifikat SSL, yang biasanya tampil menjadi HTTPS:// di browser.

Dalam suatu blog tanggal 6 Agustus 2014, Google memberi sinyal bahwa salah satu untuk menentukan peringkat adalah website yang menggunakan https. Karena keamanan merupakan unsur yang sangat penting belakangan ini mengingat Google tak henti-hentinya memperbaiki cara memeringkat website dengan membuang seluruh website-website yang melakukan spam atau website-website yang tidak bertanggung jawab.

Tetapi apakah https adalah parameter terpenting dalam menentukan peringkat? Google sampai saat ini tidak memberitahu, itu adalah kebijakan Google yang tidak diketahui secara pasti. Yang pasti, https adalah salah satu parameter dalam pemeringkatan. Masalah itu adalah paling penting, cukup penting, dan kurang penting tentu itu ada di tangan Om Google yang mempunyai kebijakan.

Tetapi tidak ada salahnya Anda bersiap-siap dari sekarang ketika hal itu terjadi bahwa Google mengumumkan bahwa https wajib dilakukan.

Pada Blog WordPress, menyatakan bahwa SSL biasanya sulit diimplementasikan, sering sekali butuh biaya yang tidak murah, dan kinerja juga menjadi lambat. Tetapi pada browser terbaru, hal itu sudah mulai diatasi. Dan setiap hosting provider harus sudah menyediakannya secara standar tanpa perlu diminta. Dan di awal tahun 2017 ini, WordPress mulai mempromosikan penyedia hosting yang menyediakan sertifikat SSL secara standar tersebut. Dan kemudian mulai menyedikan fitur-fitur baru, salah satunya API Authentification yang hanya dapat diakses ketika situs tersebut menggunakan sertifikat SSL.

Bagaimana memasang SSL?

Anda bisa membeli di https://www.ssls.com , harganya bermacam-macam. Tetapi untuk kegunaan pribadi beli paket yang https://www.ssls.com/ssl-certificates/comodo-positivessl. Untuk kepentingan lain silahkan kunjungi situsnya. Untuk yang berbahasa Indonesia bisa kunjungi https://www.warungssl.com/comodo/positivessl

Dan kalau Anda berhasil instalasi, maka akan ada tanda GEMBOK + HTTPS.

Tetapi pastikan kepada provider Hosting Anda, apakah paket Anda bisa diinstall SSL? Jadi jangan sampai Anda setelah membeli, paket hosting Anda tidak kompatibel sehingga Anda harus upgrade ke paket hosting lebih tinggi dan tentu ini keluar biaya tambahan lagi.

Kalau sudah terpasang, Anda bisa cek di SSL Test.

Cara Aman Migrasi http ke https

Berikut ini panduan dari Blog Google

  • Jenis sertifikat SSL apa yang Anda butuhkan: Single (Hanya 1 Website saja), Multi-Domain (Banyak Website dalam Satu Server), atau Wildcard (Bisa untuk Subdomain) ?
  • Gunakan 2048-bit key certificates.
  • Pastikan Anda menggunakan URLs relatif atau dinamis sehingga pada saat perubahan dari http menjadi https tidak ada tautan yang salah (broken link).
  • Baca tautan Site move article untuk panduan lebih lanjut tentang merubah alamat website Anda.
  • Pastikan di “robots.txt” situs HTTPS Anda tidak di blok.
  • Hindari noindex robots meta tag. Izinkan seluruh halaman-halaman website Anda dapat dicari oleh mesin pencari.

Tambahan

 

Salam Pintar,
Zeembry



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.