Meta Description

Meta description adalah atribut dalam bahasa HTML yang menyediakan penjelasan singkat mengenai konten situs anda. Dan meta description ini (bila disediakan) sering digunakan atau diambil oleh mesin pencari untuk menampilkan hasil pencariannya.

Kebanyakan pengunjung memutuskan akan mengklik atau mengunjungi situs anda berdasarkan meta description yang anda buat. Bila mereka membaca dan tertarik, mereka akan klik dan berkunjung ke situs anda. Tetapi bila mereka membaca dan tidak tertarik, mereka akan mencari alternatif lain untuk berkunjung.

meta-description-1

Membuat Meta Description

Jika anda memahami bahasa HTML, maka kode pembuatanya akan seperti berikut

[box type=”shadow”]

<head>
<meta name="description" content="Isi deskripsi mengenai konten situs anda di sini. Buat semenarik mungkin sehingga pengunjung mau mengklik situs anda di hasil pencarian mesin pencari.">
</head>

[/box]

Baik itu Meta description atau meta keyword secara teknis, pada tanggal 21 September 2009 menurut Google tidak terlalu berpengaruh terhadap peringkat di mesin pencari. Tetapi sangat sangat penting agar pengunjung mengklik situs anda. Meta description adalah sarana promosi untuk mengenalkan situs anda secara singkat. Ketika banyak pengunjung ke situs anda, maka ini baru berpengaruh terhadap peringkat di mesin pencari.

Panjang Meta description ini disarankan antara 150 – 160 karakter (huruf). Kalau lebih dari 160 karakter (huruf) akan terpotong seperti gambar di bawah ini. Ada tiga titik “…” di belakang meta description tersebut yang menandakan Google memotongnya.

meta-description-terpotong

Sangat disayangkan bila anda tidak membuat meta description dengan benar sehingga pengunjung tidak tahu situs anda tentang apa. Tetapi walaupun Google memotong meta description anda dan pengunjung masih bisa mengetahui situs tersebut tentang apa, ini tidak masalah juga. Yang penting anda mengetahuinya secara sadar. Kalau anda tidak sadar akan hal ini, sayang sekali.

Jadi gunakan meta description sebaga sarana promosi anda di hasil pencarian Google karena ini adalah bagian dari online marketing (pemasaran online) untuk memaksimalkan Click-Through Rate (CTR) yang diberikan ke situs anda.

Hindari Duplikasi Meta Description

Usahakan agar setiap halaman situs anda memiliki meta description yang berbeda. Jika di situs anda ada 100 halaman, maka meta description disarankan juga berbeda. Anda bisa membuat halaman situs dinamis dengan bahasa pemrograman seperti PHP, ASP, dll.

Tetapi bila CMS (Content Management System) situs anda tidak menyediakan wadah untuk mengisi meta description, upayakan agar di paragraph pertama (160 karakter pertama) bisa anda manfaatkan untuk menjelaskan konten situs anda.



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.