Ilmu SEO adalah Seni tanpa Hitam dan Putih

Selama ini kita mengetahui adalah Black SEO dan White SEO. Black SEO adalah SEO Hitam yang menurut Google adalah konten, tautan (link), dan pengunjung (traffic) spam (sampah) yang tidak bermanfaat bagi pengunjung. Membuat hasil pencarian di Google menjadi tidak bermanfaat bagi pengunjung. Inilah yang terus diperangi oleh Google untuk membasminya dari halaman hasil mesin pencari. Karena ada juga yang lolos karena para praktisi seo yang menggunakan black seo berhasil masuk di peringkat pertama. Tetapi kalau yang ketahuan oleh Google, maka websitenya akan kena hukuman sehingga tidak ditampilkan lagi di halaman mesin pencari Google.

White SEO adalah SEO Putih yang menurut Google harus difokuskan kepada kualitas konten sehingga bermanfaat bagi pengunjung. Kalau konten Anda bagus, maka pengunjung akan banyak berdatangan ke website Anda dan mereka membaca konten tersebut sehingga kualitas website anda secara alami akan naik peringkat, bukan menggunakan cara-cara tidak alami (black seo).

Apakah benar kita harus memilih salah satu?

Menurut pengalaman saya, Ilmu SEO itu adalah Seni, kita tidak bisa memilih antara hitam dan putih. Mereka yang memilih menggunakan Black SEO mungkin sudah terlalu berlebihan sehingga ketahuan oleh Google. Terkadang ada praktisi yang sudah berpengalaman masih menggunakan apa yang disebut Black SEO tapi dengan kadar yang cukup. Dan ini tentu harus mereka yang sudah berpengalaman. Bagi yang belum berpengalaman bisa menggunakan jasa SEO yang terpercaya atau benar-benar fokus pada kualitas konten sehingga secara alami website anda disenangi oleh Google.

Pengetahuan, Keahlian, dan Pengalaman adalah kombinasi yang dibutuhkan sehingga Ilmu SEO menjadi suatu Seni. Seni adalah keindahan yang bisa dinikmati dan tidak merugikan orang lain.

Semoga Bermanfaat, Salam Pintar!

Beyond SEO!



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.