Harga Termahal belum tentu tampil di Iklan Google Adword

Banyak sekali parameter yang walaupun Anda sudah bayar paling mahal sekalipun, iklan Anda tidak muncul atau tayang di Google Adword. Salah satu yang patut diperhatikan adalah Skor Kualitas iklan Anda belum mencukupi dibanding dengan kompetitor Anda walaupun Anda bayar paling mahal.

Skor Kualitas adalah perhitungan antara kualitas iklan, kata kunci, dan halaman landing website Anda. Skor Kualitas yang lebih tinggi bisa jadi menghasilkan harga iklan yang jauh lebih murah dengan posisi terbaik.

Skor Kualitas ini adalah performa akun Google Adwords Anda selama ini. Jadi Google membuat performa kinerja akun Anda, apakah selama ini iklan Anda hanya menjual kecap nomor satu, padahal ternyata tidak begitu. Ini akan membuat akun Anda buruk di mata Google dan Skor Kualitas menurun. Oleh karena itu, beriklanlah dengan benar sesuai dengan kaidah-kaidah yang menguntungkan orang yang mengklik iklan Anda.

Untuk melihat Skor Kualitas, Anda dapat melihat Skor Kualitas saat ini dan skor komponennya dengan 4 kolom status Skor Kualitas: Skor Kual., Kualitas halaman tujuan, Relevansi iklan, dan Rasio klik-tayang (CTR) yang diharapkan.

Jadi memiliki Skor Kualitas / Skor Kual / Angka Mutu yang tinggi berarti iklan Anda dianggap menguntungkan orang lain dan Google suka itu.

Tanda merah memiliki Skor KUAL yang rendah sehingga tidak bisa ditayangkan walaupun kita sudah bid dengan harga termahal sekalipun.

Terlihat Skor Kualitas 1/10, dan yang harus diperbaiki adalah CTR yang diharapkan, Relevansi Iklan, Kualitas Halaman Tujuan.

Jadi kalau Iklan Google Adword dengan Halaman Landing Anda tidak sesuai, tidak nyambung, tidak relevan, maka Google tidak akan mau menayangkan sampai Anda membetulkannya. Contoh Iklan di Google Adword Anda adalah Iklan Motor, tetapi ketika masih ke Halaman Landing yang muncul gambar-gambar sepeda. Ini tidak nyambung karena mungkin si pengiklan mencoba menjebak pengunjung atau memaksa untuk membeli sepeda. Ini yang tidak diinginkan oleh Google.

Rasio klik-tayang (CTR) tentu akan bepengaruh ketika iklan Anda tidak nyambung dengan halaman landing. Data yang dimiliki Google langsung dapat menyimpulkan bahwa yang akan mengklik iklan Anda mungkin sedikit dan kualitas kliknya tidak bagus. Jadi justru Anda dipaksa untuk belajar membuat iklan yang bagus.

Juga untuk akun Google Adword yang baru dibuat, biasanya bisa kalah bersaing dengan mereka yang sudah punya akun lama dan mempunyai Skor Kual yang tinggi. Walaupun sebagai akun baru, Anda bisa membayar semahal apapun, tetapi Google tidak memenangkan pembayar tertinggi. Tetapi Google memenangkan yang memiliki kinerja yang bagus dalam beriklan. Karena Google ingin berbuat yang terbaik untuk pelanggannya.

Salam Pintar,



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.