Harga Iklan di Google Keyword Planner selalu Berubah

Harga Iklan per klik bila Anda menggunakan Google Keyword Planner selalu berubah dan tidak pernah tetap. Ini dikarenakan Google mempunyai banyak parameter dalam menentukan harga iklan. Seperti tiket pesawat saja, satu menit kemudian bisa berubah tanpa pemberitahuan. Atau harga ketika Anda membeli untuk satu orang dan dua orang saja sudah langsung berbeda. Seperti inilah analoginya. Jadi jangan bingung akan hal ini.

Terkadang harga yang kompetitor rendah bisa lebih tinggi dari harga iklan yang memiliki kompetitor tinggi. Kita hanya bisa berasumsi mengapa bisa begitu, mungkin saja karena kompetisinya tinggi dan banyak yang iklan, harga lebih murah. Sedangkan yang kompetisinya tinggi, harga lebih mahal agar pengguna menggunakan kata kunci yang lebih mahal supaya tidak banyak bersaing. Kalau saingan banyak, harga iklan murah, bila produk kita kalah saingan, artinya kita hanya buang-buang uang saja. Tetapi ini lagi lagi hanya asumsi, sesuai pengalaman yang terjadi di lapangan, dan biasanya Google membuat algoritma dibuat berdasarkan pengalaman. Jadi bisa dikatakan asumsi mereka yang sudah pengalaman lebih banyak benarnya.

Terkadang juga harga iklan tidak ditampilkan (seperti tanda “-“), ini dikarenakan Google tidak mempunyai cukup data untuk menghitung harga iklan. Harga iklan dengan satu kata kunci yang sama di lokasi berbeda, akan berbeda juga harga iklannya. Ada yang ditampilkan di lokasi A, ada juga yang tidak ditampilkan di lokasi B. Jadi lagi-lagi Google mempunyai banyak dan detil sekali parameter untuk menghitung ini. Algoritma yang begitu kompleks yang dibuat oleh manusia-manusia dari berbagai bidang ilmu.

Dan ini yang menjadi Daya Tarik Google di banding dengan yang lain.



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.