Click-Through Rate (CTR)

Click-through rate (CTR) adalah jumlah pengunjung yang mengklik tautan ke halaman situs anda yang berasal dari melihat halaman situs lain, email atau pemasangan iklan online. CTR biasanya digunakan untuk mengukur tingkat sukses dari pemasangan iklan online atau pemasaran melalui email.

Tujuan dari CTR adalah untuk mengukur rasio orang yang mengklik iklan anda setelah melihat tayangan iklan tersebut. Bila hanya melihat tayangan iklan saja tanpa mengklik, berarti iklan anda kurang berhasil dalam mendatangkan pengujung ke halaman situs anda.

Setelah pengunjung mengklik dan mengunjungi situs anda, biasanya di halaman situs tersebut langsung tersedia beberapa penawaran menarik seperti diskon, e-book gratis atau langsung menawarkan produk yang menarik. Ini dikarenakan ketika pengunjung datang ke situs anda, mereka belum tentu balik lagi. Jadi halaman situs anda (Landing Page) harus semenarik mungkin sehingga pengunjung menuruti apa yang anda kehendaki.

Click-through rate (CTR) dihitung dari jumlah iklan yang diklik (Clicks) oleh pengunjung dibagi jumlah iklan yang dilihat oleh penggunjung (Impressions). Dan biasanya dikali lagi 100% untuk mengetahui prosentasi suksesnya.

perhitungan-click-through-rate

Contoh anda memasang Google Adword, ketika tampil di halaman mesin pencari, iklan anda sudah dilihat (tayang) 100 kali oleh pengguna Google. Tetapi diantara 100 kali tayang tersebut, hanya 1 pengunjung yang berminat untuk mengklik iklan anda. Berarti CTR tersebut sebesar 1%.

Lihat gambar tayangan iklan Google Adword di bawah ini yang ditandai oleh kotak merah. Ini adalah contoh iklan Google Adword, ada tanda kuning bertuliskan “Ad” yang merupakan singkatan dari Advertisement (iklan). Ketika anda hanya melihat saja, itu disebut Impressions (tayang). Baru ketika anda mengklik, itu disebut Clicks (klik). Dari sini anda nanti bisa melihat CTR-nya di statistik yang diberikan oleh Google Adword.

google-adword

Lihat statistik yang anda dapatkan ketika memasang iklan di Google dengan Google Adword, walaupun anda bayar, belum tentu iklan anda ada yang mau klik. Tetapi enaknya Google adalah ketika tidak diklik, anda tidak perlu membayar iklannya. Ini yang membuat iklan online sangat murah dan efektif.

Kita bisa melihat setiap iklan (campaign) mempunyai CTR yang berbeda. Di sinilah kita bisa mengukur tingkat kesuksesan kita.

click-through-rate-google-adword

Berapa persen CTR yang dianggap sukses itu?

CTR terus menurun tingkat kesuksesannya dari waktu ke waktu. Saat iklan pertama muncul, tidak wajar bila CTR-nya di bawah 5%. Setelah itu tingkat yang disebut sukses turun menjadi antara 0.2 atau 0.3 persen. Dan dalam banyak kasus, CTR sebesar 2% sudah dianggap sangat sukses walapun angka tersebut banyak diperdebatkan juga karena tergantung situasi. Jadi rata-rata kesuksesan CTR 3% pada tahun 1990 turun menjadi 2.4% – 0.4% pada tahun 2002.

Bila anda menggunakan email marketing atau pemasaran melalui email, itu juga memiliki istilah CTR. Ketika anda mengirim email ke 1.000 orang, bila ada 300 orang yang mengklik tautan di email anda tersebut. Berarti rasio kesusksesan anda adalah sebesar 30% dan itu sudah sangat sangat sangat bagus sekali.

Tetapi dari yang telah klik dan berkunjung ke halaman situs anda, berapa orang yang betah berlama-lama membaca konten situs anda atau berinteraksi di situs anda. Ini bisa dilihat dari bounce rate berapa lama mereka berinteraksi di halaman situs anda. Ini akan mempengaruhi peringkat anda di Google.

Banyak mendatangkan pengunjung saja tidak cukup, tetapi apakah pengunjung tersebut berinteraksi (membaca artikel, scroll halaman, klik halaman lain, mengisi komentar, dll) akan mempengaruhi peringkat anda di Google. Bagi pemilik toko online, setelah pengunjung datang, diharapkan pengunjung dapat membeli produknya. Itu tingkat kesuksesan yang paling diharapkan dan paling tinggi dibanding tingkat kesuksesan CTR. Tetapi bukan berarti CTR tidak penting, semuanya penting karena semua cara adalah langkah menuju kesuksesan yang anda inginkan.

Semoga Bermanfaat, Salam Beyond SEO!



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.