Cek Keyword Density

Keyword Density

Dulu Google mengecek sebuah website, bila ada kata kunci yang banyak di website tersebut. Maka berarti website tersebut memang diperuntukkan untuk kata kunci tersebut. Contoh kata kunci “kursus seo jakarta”, di website tersebut para praktisi SEO kemudian memasukkan sebanyak-banyaknya kata kunci “kursus seo jakarta” di judul, deskripsi, konten dan kemudian websitenya menjadi nomor satu di google dengan kata kunci tersebut.

Apa akibatnya Pertama?

Akhirnya website-website yang menempati urutan pertama google dipenuhi oleh mereka yang mencoba mengakali Google dengan melakukan cara di atas. Sehingga pengunjung masuk ke website tersebut tidak memahami apa isi dari website tersebut dan mereka tidak nyaman berkunjung.

Apa Akibatnya  Kedua?

Tentu kepercayaan terhadap Google akan berkurang. Karena kita mencari sesuatu di Google, tetapi Google mengantar mereka ke website-website yang sangat aneh tersebut. Bahasanya tidak manusiawi karena isi dari website tersebut lebih mengutamakan mesin google dibanding dengan pengunjung.

Google berpikir

Oleh karena itu Google merubah kembali algoritmanya, Google peduli dengan pengunjung. Akhirnya Google memutuskan bila praktisi SEO itu terlalu LEBAI memasukkan kata kuncil dalam satu halaman webiste. Google tidak akan mempedulikan dan menilai website tersebut tidak bagus.

Perhitungan Keyword Density

(Jumlah Pengulangan Keyword * Jumlah kata dalam Keyword / Jumlah total kata dalam Konten) * 100

Contoh jumlah kata dalam keyword “kursus seo jakarta” adalah 3 kata. Dan jumlah pengulangan keyword dalam konten sebanyak 5 kali dalam suatu konten yang berisi total 500 kata.

Keyword Density = (5*3/500)*100 = 3%

Dan menurut beberapa pakar SEO, prosentasi optimal adalah 1 s/d 3% dari perhitungan di atas.

Dan kalau anda cape dan tidak mau menghitung, gunakan link di bawah ini

Cek Keyword Density sekarang



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.


Leave a Reply