Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner

Google Keyword Planner atau Perencanaan Kata Kunci adalah alat yang diberikan gratis oleh Google untuk pemasang iklan di Google Adwords dalam mencari kata kunci yang tepat sebelum memasang iklan.

Memang kalau saya memasang iklan di Google Adwords seperti apa iklan saya?

Silahkan Anda lihat di bawah ini, lihat tulisan “iklan” seperti distabilo berwarna hijau? Itu adalah tampilan iklan bila Anda beriklan menggunakan jasa Google Adwords. Bagaimana yang tidak ada stabilo hijaunya? Itu tidak berbayar (alias gratis) dengan upaya sendiri. Itu adalah pilihan Google karena memang websitenya layak ditampilkan diurutan tersebut tanpa harus bayar.

Bagaimana agar saya bisa nomor #1 seperti itu tanpa harus bayar? Mulai dengan belajar Ilmu SEO!

google-adword

Walaupun Google Keyword Planner ini diperuntukan untuk pemasang iklan berbayar di Google Adwords, tetapi kita bisa memanfaatkan layanan atau alat ini dalam meriset kata kunci untuk kepentingan SEO.

LANGKAH 1 : Masuk (Login) atau Buat Akun (Create an account) di Google Adword, klik https://adwords.google.com/KeywordPlanner

Atau Anda juga bisa mencari dengan kata kunci “Google Keyword Planner” di Google, maka tautan (link) tersebut akan muncul dan Anda hanay tinggal klik saja.

Kalau sebelumnya Anda belum pernah menggunakan Google Adwords, silahkan klik tulisan “Create an account” di kanan atas untuk memulai. Saya asumsikan Anda sudah membuat akun, sehingga kita langsung melangkah ke tahap selanjutnya.

login-google-keyword-planner

LANGKAH 2 : Setelah Anda berhasil membuat akun di Google Adword, kembali login dan Anda akan menemukan tampilan seperti di bawah ini. Kalau tidak, silahkan klik menu Tools > Keyword Planner.

pilih-tools-keyword-planner

LANGKAH 3 : Pilih kata kunci, negara/kota yang akan Anda targetkan, kemudian bahasa. Contoh Anda ingin tahu berapa orang yang mencari dengan kata kunci “Beli Laptop Baru” di Indonesia dengan Bahasa Indonesia. Dan juga berapa harganya bila saya ingin memasang iklan.

Jadi isi kata kunci “Beli Laptop Baru” di form Enter one or more of the following:, bila Anda dalam Bahasa Indonesia, sesuaikan.

Kemudian agak ke bawah bagian Targeting, urutan pertama, klik Locations dan pilih negara Indonesia. Atau Anda juga memilih beberapa negara, kota atau beberapa kota. Tapi untuk latihan ini, pilih hanya Indonesia saja. Jadi kita ingin tahu berapa orang Indonesia yang mencari dengan kata kunci “Beli Laptop Baru”.

Kemudian agak ke bawah lagi (masih di bagian Targeting), urutan kedua, klik Bahasa yang digunakan, pilih saja Indonesian.

Setelah itu tekan tombol Get ideas untuk menampilkan hasilnya.

isi-keyword

LANGKAH 4 : Sekarang mari kita mempelajari struktur hasil penampilan Google Keyword Planner ini satu per satu.

  • Poin 1, adalah target kata kunci yang Anda sudah Anda pilih di awal dan ingin dianalisa. Kalau Anda ingin mengganti kata kunci lain, cukup ketik di bagian ini. Anda tidak perlu lagi mengulang dari awal.
  • Poin 2, adalah target lokasi dan bahasa yang Anda tadi sudah pilih di awal.
  • Poin 3, klik tab “Keyword ideas“, jangan pilih yang “Ad group ideas” agar kita fokus pada satu kata kunci dulu.
  • Poin 4, kita bisa melihat bahwa pencarian per bulan adalah 40 pencarian (bukan pengunjung), karena pengunjung bisa jadi mencari sampai 2 atau 3 kali dalam sebulan atau bahkan lebih. Dan kita bisa melihat Competition High, artinya pemasang iklan di kata kunci ini sangat tinggi, Anda harus bersaing untuk mencapai posisi yang tinggi. Biasanya sistem lelang. Kemudian kita melihat bahwa untuk memasang iklan, Anda disarankan untuk mengeluarkan Rp. 3.382 per klik. Jadi ketika iklan Anda di klik oleh satu orang, maka Anda akan dikenakan segitu. Kalau ada 1.000 orang yang klik, maka Anda akan dikenakan Rp. 3.382.000,-. Tetapi jangan khawatir, iklan di Google Adword bisa koq dibatasi. Misalkan sehari mau Rp. 50.000,- juga boleh sehingga Anda tidak takut kaget ketika tagihan Anda membengkak.
  • Poin 5, statistik rata-rata pencarian kata kunci tersebut dalam sebulan. Paling ramai adalah bulan Oktober 2015. Mungkin saja pada saat itu dolar lagi turun atau harga laptop lagi murah.

struktur-keyword-planner

LANGKAH 5 : Anda ingin tahu, apakah ada saran dari Google selain kata kunci “Beli Laptop Baru”? Kabar gembiranya adalah Ada. Silahkan Anda scroll ke bawah dan melihat kata-kata kunci lain yang berkaitan dengan kata kunci yang telah Anda pilih. Tetapi bukan berarti kata kunci tersebut harus Anda pilih, ini adalah saran dari Google. Google sebagai asisten Anda hanya menyodorkan data, tetapi kembali kepada Anda keputusan Anda bagaimana.

Jangan hanya memilih pencarian yang paling banyak saja, kalau anda ingin bermain dengan SEO, semakin banyak pencarian, maka tingkat kompetisi Anda dengan website lain akan semakin berat. Kalau Anda sanggup tidak apa-apa. Lagi-lagi semua kembali kepada Anda sendiri.

Tetapi kalau Anda ingin memasang di Google Adword, maka pastikan harga Anda bersaing, kalau bisa lebih murah akan lebih bagus. Karena kalau Anda lebih mahal juga percuma saja, malah menghabiskan uang di Google Adword karena tidak ada yang beli. Mereka akan lebih memilih kompetitor Anda walaupun Anda berada di urutan teratas. Pembeli membeli bukan karena urutan Anda, tetapi karena harga, diskon, hadiah, pelayanan, dan masih banyak lagi. Urutan hanya salah satu dari parameter keputusan dalam membeli.

Kalau kita melihat di kata kunci tersebut, banyak sekali orang yang ingin tahu tentang harga laptop. Kalau budget mereka cukup, pasti mereka akan beli.

saran-keyword-planner

Demikianlah cara menggunakan Google Keyword Planner, semoga bermanfaat!

Salam Pintar, Beyond SEO!



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.