Cara Membuat Artikel SEO

Untuk membuat Artikel SEO, Anda harus MEMILIH Kata Kunci (Keyword) terlebih dahulu, dan kemudian MENANAMKAN Kata Kunci (Keyword) tersebut ke dalam artikel. Bagaimana caranya? Kita langsung saja kepada kasus yah…

Membuat Judul SEO

Contoh Anda telah memilih kata kunci “Kursus Internet Marketing“, tanamkan kata kunci tersebut ke dalam Judul. Dan Anda bisa menambah kata lain dalam judul tersebut, tidak harus sama sama persis dengan kata kunci.

Contoh

Kursus Website Internet Marketing dan Bisnis Online”.

Kita lihat, jadi bisa ditambahkan kata lain dan tidak harus berdampingan kata per katanya.

Membuat Meta Description SEO

Anda juga bisa baca tautan tentang Meta Description di sini. Di hasil pencarian google, meta description akan ditampilkan seperti di bawah ini (kotak merah), panjangnya 150-160 huruf, lebih panjang dari itu akan terpotong secara otomatis oleh Google, yang ditandai dengan tanda titik tiga “…”.

Ini seperti deskripsi singkat yang harus Anda buat untuk menarik pengunjung masuk dan membaca artikel Anda. Dan Kata Kunci harus ditanamkan di dalam Meta Description ini.

Bagaimana cara membuat Meta Description?

Bila Anda menggunakan WordPress, Anda harus install plugin tambahan seperti Yoast, sehingga form Meta Description tampil di setiap artikel yang akan Anda tulis. Lihat gambar di bawah ini adalah plugin Yoast di WordPress.

Bagaimana bila tidak mau menggunakan plugin? Bisa saja!

Yang Anda perlu lakukan adalah buat kalimat sepanjang 150-160 huruf di awal paragraph pertama, dan tanamkan dengan Kata Kunci (Keyword). Inilah yang akan diambil oleh Google menjadi Meta Description. Gampang kan?

Contoh:

Bagaimana cara merubah pengunjung website menjadi pelanggan setia ? Apa 5 kesalahan fatal pebisnis online? Apa perbedaan cara menjual di sosial media (facebook, twitter dll) dan di website? Bagaimana cara beriklan di media online murah dan Efektif? Temukan di Kursus Internet Marketing Baba Studio.

Gampangkan membuat Meta Description?

Kalau Anda seorang web programmer, Anda harus membuat form meta description yah…

Struktur URL SEO

Lihat gambar di bawah (kotak merah), ini adalah struktur url yang sudah sesuai dengan SEO, ramah mesin pencari. Artinya, struktur URL tersebut juga berisi atau ditanam Kata Kunci (Keyword). Kalau Anda menggunakan WordPress, Anda tidak perlu memikirkan hal ini karena sudah dibuat ramah mesin pencari. Tetapi kalau Anda menjadi seorang web programmer, Anda harusĀ  membuat Struktur URL ramah mesin pencari. Ini sangat teknis sekali.

Konten SEO

Untuk artikel SEO, spesifikasi teknisnya sebagai berikut

  1. Buat minimal 3-4 Paragraph atau 300-500 huruf. Jadi jangan terlalu pendek karena pengunjung akan cepat sekali membacanya.
  2. Tanamkan Kata Kunci (Keyword) di beberapa paragraph, tetapi jangan terlalu banyak atau lebai sehingga dianggap spam oleh Google. Kalau ada 4 Paragraph, cukup tanamkan 3 Kata Kunci (Keyword).
  3. Jangan hanya kalimat tulisan yang panjang dan membosankan. Hias artikel Anda agar tidak bosan dengan variasi BOLD, Italic, Warna yang berbeda agar pengunjung tidak bosan membacanya. Juga pecah dalam Sub Judul dan Poin-Poin agar pengunjung dapat menikmati artikel Anda.
  4. Tambahkan gambar, ilustrasi, foto atau infografis yang terkait sehingga pengunjung betah membacanya. Lamanya pengunjung ini akan dihitung oleh Google, dan ini akan meningkatkan peringkat website Anda.
  5. Tambahkan animasi atau video yang menarik kalau memungkinkan. Ini juga akan membuat lama pengunjung mengakses artikel Anda.
  6. Tambahkan tautan internal (link) di artikel Anda yang juga dapat di klik ke halaman lain di dalam website Anda sendiri tentunya. Ini akan membuat artikel-artikel Anda di halaman lain juga mendapat traffic. Biasanya seperti related post di berita.

Contoh Artikel SEO yang bisa Anda pelajari

Berikut ini contoh konten video yang di tanambkan atau embed di artikel ini, yaitu “8 Jurus Membuat Konten yang bisa mengundang Backlink

Dan di bawah ini adalah tambahan visual dari MOZ , sebuah website yang membahas tentang SEO. Berikut pembahasannya yang akan membantu Anda memahami visual tersebut.

  • Uniquely Valuable, Konten harus menawarkan segala sesuatu yang orang cari dalam satu kesatuan yang unik dan berkualitas. Contoh bila orang mencari “Nasi Goreng”, Anda juga menyediakan resep membuat nasi orang, harga nasi goreng, dimana tempat nasi goreng yang enak, dll.
  • Built to be Shared, Sediakan ikon sosial media sehingga orang bisa membagikan artikel Anda dengan mudah.
  • Phenomenal UX, Buat agar tata letak konten jelas, tampilan menyatu antara elemen-elemen & desain yang sederhana dan menarik sehingga orang bisa mudah menggunakan dan menikmatinya.
  • Keyword Targeted, Kata Kunci Utama dan Cadangan tampil di posisi yang menonjol seperti di headline, judul, dan konten.
  • Meta Data Inclusive, Halaman website harus menampilkan sumber, penulis atau meta description yang memikat, dan format-format tertentu yang ditentukan oleh Google seperti ketika menampilkan resep masakan ada kode-kode tertentu, struktur data tertentu yang harus Anda pelajari.
  • Multi Device Ready, artikel Anda harus bisa tampil di berbagai media seperti desktop komputer, tablet, handphone sama baiknya dan nyaman untuk dibaca.

 

Sumber: https://moz.com/blog/visual-guide-to-keyword-targeting-onpage-optimization

Setelah Anda membuat artikel, jangan hanya berdiam diri dan kemudian hanya menunggu Google atau hanya berdoa tanpa upaya sambil berharap artikel Anda tampil di halaman pertama. Promosikan, Promosikan, dan Promosikan ke berbagai sosial media sehingga dapat mendatangkan pengunjung.

Semoga Bermanfaat,



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.