Cara Membaca atau Analisa Data di Google Analytics

Sebelumnya Anda sudah mengetahui bagaimana cara memasang kode Google Analytics, kini saatnya Anda untuk membaca data tersebut. Dan seperti biasa, Anda login tersebut dahulu.

Langkah 1: Masuk ke Menu Admin Google Analytics

Klik menu Admin (atas kanan) setelah Anda masuk ke dalam Google Analytics. Di situ Anda akan melihat ada 3 (tiga) kolom, yaitu :

  1. Kolom Account, sebelumnya Anda sudah membuat akun Personal. Akun ini seperti kategori atau folder, Anda bisa membuat banyak akun untuk berbagai kepentingan. Contoh Akun Personal, Akun Perusahaan, Akun Klien Mobil, Akun Klien Rumah, dll.
  2. Kolom Property, ini seperti sub kategori atau sub folder, ini adalah website-website Anda dalam akun tersebut. Silahkan di pilih, website mana yang Anda ingin lihat datanya.
  3. Kolom View, ini untuk menyetel tujuan atau menseleksi data sehingga tampilannya sesuai dengan apa yang kita ingin lihat.

admin-google-analytics

Langkah 2: Masuk ke Menu Reporting Google Analytics

Setelah Anda memilih website yang Anda ingin lihat, klik menu Reporting (bagian atas), maka tampilannya akan seperti ini. Kalau tidak muncul, klik saja di menu sebelah kiri Audience > Overview.

Bagaimana membacanya ?

  1. Sessions, Anda harus memahami istilah sessions terlebih dahulu. Terlihat ada 3.092 sessions dalam waktu satu bulan. Waktu satu bulan ini bisa Anda atur kemudian, bisa satu minggu, bahkan satu hari. Tetapi setelan dasarnya adalah 1 (satu) bulan. Sessions ini tidak sama dengan pengunjung (Users), karena satu pengunjung bisa mempunyai lebih dari 1 (satu) sessions.
  2. Users, jumlah pengunjung dalam satu bulan. Terlihat 2.142 pengunjung /bulan.
  3. Pageviews, ada 7.580 halaman yang sudah dilihat /bulan
  4. Pages/Session, ada rata-rata 2,45 halaman website yang dilihat /bulan. Jadi satu pengunjung (users) rata-rata mempunya 2 s/d 3 sessions.
  5. Avg. Sessions Duration, lamanya setiap sessions, semakin lama akan semakin bagus karena menunjukkan tingkat interaksi atau betahnya pengujung dalam website Anda. Di situ terlihat 3 Menit 6 Detik rata-rata setiap sessions.
  6. Bounce Rate, tingkat mentalnya pengunjung dalam website Anda. Semakin tinggi tidak bagus. Jadi kalau sudah lebih dari 70% berarti tingkat betahnya pengunjung tidak bagus dalam website Anda. Anda harus memberikan konten yang menarik di website Anda. Di situ terlihat 58.83% pentalan dalam sebulan. Ini sudah cukup bagus.
  7. % New Sessions, Prosentase sessions baru di website Anda artinya ada 61% kunjungan baru dalam sebulan.

tampilan-audience

Langkah 3: Dari mana pengunjung website berasal?

Klik di menu kiri Acquisition > All Traffic > Source/Medium, di situ Anda akan melihat ada dari google/organic (tidak berbaya) artinya benar-benar orang tahu dari mesin pencari google dengan mengetikkan kata kunci tertentu. Dan kita bisa melihat Avg. Session Duration sekitar 3 Menit 9 Detik, cukup lama. Biasanya yang dikategorikan jelek itu durasi kunjungan kurang dari 1 atau 2 menit. Jadi di sini artinya pengunjung dari Google sangat berpotensial.

Kita lihat lagi ada yang (direct)/(none) , artinya yang mengetik langsung alamat url website Anda, jadi mereka sudah tahu Anda. Kita lihat Avg. Session Duration sekitar 2 Menit 57, tidak beda jauh dengan yang dari Google.

Jadi kalau Anda iklan di website lain seperti detik.com , facebook.com , twitter.com , Anda bisa melihat bagus atau tidak kunjungan dari sana dengan melihat Google Analytics ini. Jadi Anda tidak nebak-nebak lagi dan tidak buang-buang uang dalam beriklan. Kalau durasi pengunjung kurang dari 1 menit, stop iklan Anda langsung. Apalagi tidak terjadi penjualan.

Tetapi kalau terjadi banyak penjualan, silahkan dilanjutkan walaupun durasi kunjungannya pendek (kurang dari 1 menit). Siapa tahu Anda hebat dalam membuat konten di mana dalam waktu kurang dari 1 menit, pengunjung Anda langsung membeli. Wah Anda langsung bisa jadi Motivator hebat dengan tagline “Bagaimana terjadi pembelian di website kurang dari 1 menit” 🙂

google-analytics-acquisition-source-medium

Langkah 4: Dengan Kata Kunci (Keyword) apa orang datang ke website saya?

Masih di menu yang sama Acquisition > All Traffic > Source/Medium, tetapi klik tulisan yang sangat kecil “Keyword” di atas (Lihat Gambar) untuk melihat dengan kata kunci (keyword) apa saja pengunjung masuk.

Terlihat bahwa kata kunci “cara membuat pola baju” dalam satu bulan ada 303 sessions dengan durasi 1 menit 15 detik.  Ini yang tertinggi yang terbaca oleh Google Analytics. Artinya konten yang ada di website tersebut harus di optimalkan lagi dengan memberikan konten yang bagus seperti lebih banyak infografis dan video.

Tulisan (not provided) dan (not set) adalah biasanya kunjungan yang bukan berasal dari mesin pencari Google, bisa jadi dari Google Mail, Google Image, Google Maps, atau Website yang dilindungi oleh Browser untuk menjaga kerahasiaan Pengunjung. Kalau kita lihat cukup banyak datanya. Memang, jadi kita harus optimasi pencarian kita agar tidak banyak data tersebut.

google-analytics-acquisition-keyword

Langkah 5: Halaman Website mana saja yang disukai oleh Pengunjung?

Klik menu kiri Behavior > Site Content > Landing Pages, di sini Anda akan melihat mana halaman website yang paling sering dikunjungi atau dibaca oleh pengunjung.

Terlihat ada alamat URL “…5 Tahap Membuat Pola Baju yang Praktis” mendapatkan 14.305 sessions dengan durasi 1 Menit 17 detik.

google-analytics-behavior-landingpage

Kira-kira itu dulu dasar pembacaan dan analisa dari Google Analytics. Dan dengan terus menerus memperhatikan 4 langkah ini saja sudah jauh lebih dari cukup. Walaupun Google Analytics menyediakan ratusan data lagi yang bisa dibaca dan diatur, tetapi kita mulai dulu dengan 4 langkah ini. Dan terapkan di website Anda.

Semoga Bermanfaat,

Salam Pintar, Beyond SEO!



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.