Berapa lama website saya bisa di peringkat pertama Google?

Pertanyaan ini sering sekali diajukan kepada saya, dan saya juga harus melihat kasus per kasus. Kapan website saya bisa di halaman pertama Google. Ini sama saja dengan pertanyaan kapan usaha saya bisa sukses. Oleh karena itu juga jawabannya adalah tergantung dari usaha Anda dan kompetitor Anda.

Koq kompetitor?

Betul, Anda pahami dulu KTP Kuadran yang saya rumuskan di website ini . Itu adalah usaha Anda.

  1. Seberapa banyak konten yang Anda buat, dan bagaimana kualitasnya?
  2. Seberapa banyak tautan balik (backlink) yang Anda sebarkan, dan bagaimana kualitasnya?
  3. Seberapa banyak pengunjung yang datang dan bagaimana kualitasnya?

Itu adalah usaha Anda!

Pahami dulu dasar SEO!

Tetapi, sebelum melanjutkan artikel ini, Anda diharapkan tahu terlebih dahulu hal-hal teknis seperti :

  1. Bagaimana menggunakan Google Keyword Planner.
  2. Bagaimana menanamkan kata kunci (keyword) di Judul dan Meta Deskripsi.
  3. Bagaimana mendaftarkan website Anda ke Google Webmaster Tool
  4. Bagaimana mendaftarkan website Anda ke Google Analytics
  5. Apa itu KTP Kuadran

Baik, sebelum saya menjawab berapa lama website Anda bisa mendapat ranking #1 di Google, mari kita membahas tentang kompetitor terlebih dahulu dalam hal penjualan.

Pernahkan Anda melihat website kompetitor Anda? Mari kita langsung praktek…

Pahami Kompetitor Anda!

Contoh Kasus, Anda membuka usaha toko bunga di jakarta selatan, www.tokobungagratis.com dan kemudian anda sudah memilih kata kunci “beli bunga jakarta selatan” dan di pencarian akan keluar seperti ini.

Taruhlah anda sudah berupaya untuk

  1. Memasang Google Adword sampai jutaan per hari
  2. Sudah membayar Jasa SEO sehingga web anda menjadi nomor #1 di Google

Anda mendapatkan traffic (pengunjung) datang ke website Anda setiap hari ratusan bahkan ribuan, tetapi sayangnya tidak ada yang beli, hanya berkunjung saja.

Apa yang salah dengan website salah?

Yang salah adalah Anda tidak melihat website kompetitor!

Pengunjung kalau ingin beli, dia akan membandingkan penawaran anda dengan penawaran kompetitor

  1. Mana yang lebih murah
  2. Mana yang lebih cepat respon
  3. Mana desain bunga yang banyak variasinya dan unik
  4. Apakah menyediakan ongkos kirim atau gratis
  5. Apakah ada diskon atau bisa ditawar?
  6. Apakah ada jasa konsultasi untuk memilih bunga
  7. Dll

Inilah yang harus Anda cek di website kompetitor, khusus dengan kata kunci “beli bunga jakarta selatan“, cek semua kompetitor yang ada di halaman #1 google tersebut. Bandingkan dengan website Anda, cari apa yang salah sehingga penjualan Anda tidak laku.

Bagaimana mengalahkan penawaran kompetitor?

Gampang sekali, ATM (Amati Tiru Modifikasi)

  1. Amati website atau penawaran yang diberikan oleh kompetitor.
  2. Tiru desain website atau penawaran yang diberikan oleh kompetitor.
  3. Modifikasi desain website Anda agar tidak kalah tampilannya, serta tidak kalah penawarannya atau bahkan lebih dibanding yang diberikan oleh kompetitor.

Dengan begitu Anda bisa meminimalisir resiko pengunjung lari ke kompetitor Anda. Tetapi ingat, Anda bisa ATM, kompetitor Anda juga bisa ATM. Jadi selalu pantau kompetitor Anda SETIAP HARI 🙂

Kembali lagi ke pertanyaan…

Ceklist agar website saya muncul di halaman #1 Google dengan kata kunci “beli bunga jakarta selatan”.

Lagi-lagi lihat kompetitor… Lihat CEKLIST berikut!

Pertama,KONTEN (Content)

Seberapa banyak KONTEN yang kompetitor perbaharui dan bagaimana kualitasnya. Anda harus lebih baik. Untuk mengecek konten kompetitor, Anda langsung saja berkunjung ke halaman website mereka dan lihat tanggal pembaharuannya, berapa kali kompetitor memperbaharui kontennya. Konten itu bisa PRODUK, ARTIKEL, BERITA. Kalau Anda memperbaharui konten website Anda tidak sebanyak kompetitor, wajar Anda kalah.

Tetapi jumlah konten juga belum tentu menang, Google melihat KUALITAS konten. Cara mengeceknya gampang sekali menggunakan Google Analytics, berapa bounce rate dari orang yang membaca konten Anda. Kalau rata-rata 2-3 menit itu normal. Tetapi kalau bisa di atas 5 menit itu bagus.

Konten seperti apa di atas 5 menit?

  1. Konten Video
  2. Konten Infografis
  3. Setiap Artikel/Berita ada Related Post sehingga pengunjung tidak hanya membaca satu konten, tetapi mereka juga bisa mengklik konten-konten lain.

Jadi seberapa banyak konten yang harus Anda buat juga tergantung seberapa banyak konten yang yang dibuat oleh kompetitor. Banyak dan sedikit adalah relatif tergantung kompetitor bila target Anda menang di halaman #1 Google. Tetapi jangan sampai lupa KUALITAS, bukan hanya kuantitas.

Kedua, TAUTAN BALIK (Backlink)

Seberapa banyak TAUTAN BALIK (Backlink) yang dimiliki oleh kompetitor dan bagaimana kualitasnya. Anda bisa mengecek ini lewat alat seperti SEO Quake, Anda harus mendaftar dan login terlebih dahulu untuk melihat backlink ini. Mendaftar GRATIS,  tentu ada keterbatasan. Tetapi cukup untuk mengetahui apakah Anda kalah dengan kompetitor atau tidak.

Bandingkan jumlah backlink Anda dengan jumlah backlink kompetitor. Kalau backlink kompetitor lebih banyak, wajar Anda belum berada di halaman #1 Google. Lihat contoh di bawah ini.

L = 78 adalah jumlah tautan balik atau backlink dari root domain (example.com).

LD = 125 adalah jumlah tautan balik atau backlink dari sub domain (subdomain.example.com). Biasanya LD lebih banyak dari LD.

Bandingkan antara website Anda dengan Kompetitor, lebih banyak mana? Kalau lebih banyak kompetitor, berarti dia promosi kemana-mana lebih banyak. Tetapi lagi-lagi, jumlah belum tentu menentukan pemenang. Google akan melihat KUALITAS tautan balik. Walau Anda lebih sedikit, tetapi kualitasnya bagus, Anda bisa menang. Jadi jangan tergoda dengan membeli backlink murah. Hati-hati.

Anda menggunakan tool ini juga bisa mengintip kompetitor promosinya kemana saja, lihat gambar di bawah. Anda bisa ikuti juga, tetapi lagi-lagi Anda harus lihat kualitas backlink kompetitor.

Google Adword adalah backlink, tentu kita tahu harganya agak mahal karena berbayar. Tetapi ketika Anda sering iklan menggunakan Google Adword, peringkat Anda juga akan dipertimbangkan oleh Google.

Jadi seberapa banyak backlink yang harus Anda buat juga tergantung seberapa banyak backlink yang yang dibuat oleh kompetitor. Banyak dan sedikit adalah relatif tergantung kompetitor bila target Anda menang di halaman #1 Google. Tetapi jangan sampai lupa KUALITAS, bukan hanya kuantitas.

Bagaimana mendapatkan Backlink? Klik di sini.

Ketiga,PENGUNJUNG (Visitor, traffic)

Seberapa banyak PENGUNJUNG (visitor, traffic) yang berkualitas.

  1. Anda bisa mengecek kualitas pengunjung Anda di Google Analytics, berapa lama mereka berada di website Anda, berapa bounce rate-nya. Kalau bounce rate tinggi, maka kualitas pengunjung Anda kemungkinan tidak bagus.
  2. Kalau anda menyediakan seperti opt-in email, yang meminta nama, hp dan email pengunjung, berapa yang Anda dapatkan dalam sehari. Kalau tidak ada atau sedikit, berarti pengunjung tidak tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.
  3. Kalau anda menyediakan fitur Chatting, berapa banyak yang respon di chatting. Sebelum terjadi penjualan, biasanya pengunjung akan kontak, apakah itu lewat email, wa, telpon. Berapa banyak respon yang Anda dapatkan? Kalau responnya banyak, tentu kualitas pengunjung juga bagus dikarenakan konten dan backlink Anda bagus. Saat pengunjung menghubungi Anda, kecepatan Anda merespon balik juga menjadi salah satu sebab terjadi penjualan. Ini akan meningkatkan kepercayaan kustomer pada produk Anda.
  4. Berapa penjualan dalam sehari. Kalau tidak sesuai target, berarti lagi-lagi kualitas pengunjung juga tidak bagus. Atau penawaran kompetitor lebih baik, atau produk Anda walaupun tidak ada kompetitor, produk anda tidak menarik atau harganya kemahalan. Ini perlu terus dievaluasi.

KTP saling terkait satu sama lain, tidak bisa berdiri sendiri. Oleh karena itu, maksimalkan ketiga-tiganya plus pertimbangkan website kompetitor Anda.

“KTP + ATM Website Kompetitor”

Kalau Anda bisa melawan upaya kompetitor Anda, dalam waktu 2-3 bulan, paling lama 6 bulan (tergantung tingkat kesulitan) Anda bisa diperingkat pertama Google. Kalau tidak bisa, maka tingkatkan upaya Anda. Kalau Anda yakin tidak bisa, maka cari kata kunci lain yang bisa Anda lawan kompetitor-nya.

Cara ini hanya berlaku untuk 1 kata kunci dan 1 landing page. Jadi Anda tidak bisa usaha di satu kata kunci saja seperti “beli bunga jakarta selatan“, Anda bisa menambahkan kata kunci yang lain dengan cara yang sama

  1. Beli bunga mawar di jakarta selatan
  2. Beli bunga mawar merah di jakarta selatan
  3. Beli bunga mawar putih di jakarta selatan
  4. Beli bunga mawar merah di tebet jakarta selatan

Dan setiap kata kunci idealnya mempunyai landing page sendiri-sendiri, jangan sampai pengunjung masuk ke website Anda dengan kata kunci tertentu, tetapi tampilannya tidak sama. Pengunjung akan langsung pergi dan bounce rate website Anda tidak akan bagus.

Misalkan orang masuk ke website Anda dengan kata kunci “beli bunga mawar putih di jakarta selatan“, tetapi tampilan di landing page website Anda hanya tampil bunga mawar merah, maka pengunjung akan langsung kabur dan menutup website Anda dan mencari website lain.

Dan setelah itu, coba evaluasi mana kata kunci yang memenuhi target Anda (dari sisi penjualan). Kalau Anda tidak mempunyai pegawai teknis yang membantu Anda, dan Anda harus melakukannya sendiri, maka kata kunci harus lebih dioptimalkan.

Evaluasi dan Optimasi Kata Kunci

Contoh kasus, misalkan target penjualan bunga Anda 1 hari ingin ada 20 bunga terjual atau sama dengan omset Rp. 500.000,- per hari. Ternyata dengan hanya 3 kata kunci baru didapat penjualan 5 bunga terjual saja, oleh karena itu Anda harus tambah kata kunci dan landing page-nya sampai memenuhi target Anda.

Ternyata setelah ditambah, 10 kata kunci dan 10 landing page bisa memenuhi target Anda.

Lagi-lagi jangan berpuas diri, terus evaluasi

  1. Lihat website kompetitor SETIAP HARI karena mereka akan ATM website Anda.
  2. Sesuaikan dengan perubahan zaman atau trend, belum tentu 10 kata kunci bulan ini berhasil, bulan depan bisa berhasil lagi. Siapa tahu bulan depan permintaan akan bunga kamboja meningkat, bunga mawar orang tidak berminat karena tidak sesuai musimnya. Jadi Anda harus mengikuti trend, rubah kata kunci Anda lagi untuk memenuhi target penjualan Anda.

Dulu sebelum orang belum tahu tentang SEO, gampang sekali membuat website kita di peringkat pertama, dan itu INSTAN. Tetapi…

Tidak ada cara instan yang berlaku untuk selamanya dalam mencapai sukses, karena kompetitor juga makin pintar. Sehingga Anda harus terus berupaya dan mencari cara lain untuk berkompetisi.

Pola pikir inilah yang harus ditanamkan dalam pikiran Anda… Anda berusaha dan menjalankan bisnis tidak sendiri, ada kompetitor. Kompetitor berusaha, Andapun harus berusaha.

Update pengetahuan Anda, Upgrade Skill Anda, Perluas Wawasan dan Jaringan terus menerus! Jangan Berhenti! dan…

Jangan mencurangi Google!

Ilmu SEO hanya untuk memperbanyak dan meningkatkan kualitas KTP, yaitu Konten, Tautan Balik (Backlink), dan Pengunjung. Tetapi untuk memperbanyak KTP, banyak orang yang mencoba mengakali Google, dan ketika banyak orang melakukan itu, maka lambat laun website mereka akan tumbang sendiri. Karena Google semakin hari semakin GALAK, GALAK dan makin GALAK untuk mereka yang menggunakan cara-cara curang. Misalkan membeli backlink murah dan banyak, ini tidak dibenarkan oleh Google. Copy paste konten dan kemudian diputar balikkan kata-katanya, kalau semakin menarik kontennya, berarti Anda punya keahlian, tetapi kebanyakan orang hanya asal saja sehingga kualitas pengunjung yang membaca konten Anda menjadi tidak bagus, bounce rate tidak bagus. Dan ini akan menurunkan peringkat Anda.

Jadi kalau Anda main curang, caranya banyak dan terus berubah dari waktu ke waktu, anda perlu update dan bergabung di komunitas-komunitas SEO, baik itu di sosial media maupun di mailing list. Ketika ada korban, baru kemudian kita harus cepat-cepat berhenti dengan cara curang tersebut. Tetapi sayangnya, ada orang awam yang menggunakan cara curang, dan dia tidak tahu bahwa cara itu sudah tidak up to date, maka websitenya  langsung kena banned oleh Google.

Baba Studio tidak pernah menganjurkan cara curang, karena cara ini tidak akan bertahan lama. Anda akan habis waktu dan uang, banyak murid-murid yang sudah jago SEO dan main dengan cara curang sudah kapok. Karena sulit untuk melawan Google, kecuali mungkin Anda programmer yang lebih hebat dari programmer Google. Bisa saja mencurangi 🙂

Tetapi secara umum, jangan pernah menggunakan cara curang untuk website utama Anda. Kalau Anda mau main curang untuk belajar silahkan. Tetapi jangan gunakan website utama Anda, jangan gunakan IP yang sama dengan IP website utama Anda ketika melakukan teknik curang, jangan menggunakan email yang sama dengan email website utama Anda. Ini karena Google punya kemampuan “mengkoneksikan” hal-hal tersebut.

Mainlah yang bersih untuk website utama Anda…

Semoga Bermanfaat!



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.