Perbedaan SEO dan SEM

Istilah SEO (Search Engine Optimization) atau Optimisasi Mesin Pencari serta SEM (Search Engine Marketing) atau Pemasaran Mesin Pencari hampir mirip.

SEO adalah suatu strategi dan teknik untuk memastikan agar website kita mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google dengan kata kunci yang kita targetkan. Tujuan dari SEO adalah bagaimana agar website kita dengan kata kunci tertentu mendapat posisi tertinggi di halaman mesin pencari, khususnya Google. Semakin tinggi posisi website kita dengan kata kunci tertentu di mesin pencari, maka semakin tinggi pengunjung datang ke website kita.

SEM lebih luas lagi dibanding SEO, dimana SEO menghasilkan posisi tertinggi secara alami, sedangkan SEM membayar kepada mesin pencari, salah satunya kepada mesin pencari Google (Google Adwords) agar posisi website kita dengan kata kunci tertentu berada di urutan tertinggi.

Berikut ini adalah perbedaan SEO dan SEM dari hasil pencarian mesin Google. Anda bisa melihat SEM dari tanda kotak merah atau gambar yang berwarna kuning dengan tulisan “Ad” yang artinya Advertising (Iklan yang berbayar). Sedangkan SEO terlihat kotak yang berwarna hijau, tidak ada tanda “Ad”-nya. Itu secara alami, gratis, tidak bayar untuk tampil di posisi tersebut dengan berbagai upaya tertentu yang sesuai dengan aturan-aturan SEO.

Beda SEO dan SEM



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.