Bagaimana Link Building?

Istilah Link Building atau membangun tautan (link) adalah upaya atau strategi untuk menanamkan atau meletakkan tautan situs atau halaman situs anda di situs orang lain sebanyak mungkin. Dan tentunya harus berkualitas. Jangan sampai anda meletakkan tautan situs anda di situs porno atau yang tidak ada hubungannya dengan konten situs anda. Ini tidak akan disukai oleh Google.

Bagi yang baru pertama kali, silahkan membaca terlebih dahulu tentang Backlink.

Bagaimana Strategi membangun tautan (link) atau Link Building?

  1. Mengomentar artikel di blog atau situs orang lain dengan meletakkan tautan situs anda di form komentar tersebut.
  2. Aktif di forum online atau mailing list dengan bertanya, menjawab pertanyaan atau berbagi konten. Kemudian anda menambah signature atau tanda pengenal berupa nama dan alamat URL situs anda.
  3. Social Bookmark, melakukan aktivitas berbagi tautan (link) bermanfaat dengan teman-teman anda.
  4. Directory Submit, lakukan pendaftaran situs anda pada situs-situs direktori.
  5. Reciprocal Link, tukar tautan (link) dengan situs orang lain atau teman anda. Tetapi sejak tahun 2005, cara ini tidak disarankan oleh Google karena tidak alami. Walaupun begitu, anda tetap bisa melakukan hal ini dengan situs-situs yang mempunyai PageRank, Domain Authority, Page Authority yang bagus.
  6. Acquired Link, diperolah dari membayar ke penyedia tertentu (Salah satu provider Google Adwords) sehingga tautan situsnya ada dimana-mana.

Tetapi yang paling disukai oleh Google adalah, buatlah konten yang bagus dan menarik sehingga banyak orang menjadikan situs anda referensi, banyak orang secara sukarela atau secara alami menyebarkan tautan situs anda, menempatkan tautan situs anda di situs mereka.

Salam Beyond SEO!



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.