Apa itu RankBrain?

RankBrain adalah sebuah sistem algoritma pembelajaran dengan menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Penggunaan ini dikonfirmasi oleh Google pada tanggal 26 Oktober 2015. Pasti Anda pernah mengalami keadaan saat disarankan oleh mesin pencari Google ketika mengetik kata kunci tertentu atau diperbaiki kata kunci karena mungkin Anda salah ketik. Contoh ketika Anda mengetik kata kunci “Kusus Internet Marketing” dengan ejaan yang salah, mesin pencari langsung mengeluarkan pernyataan “Apakah maksud Anda Kursus Internet Marketing?”.

RankBrain juga mampu menebak kata kunci yang panjang dan sangat panjang sehingga hasi pencarian sesuai dengan apa yang Anda cari. Atau penggunaan kata kunci yang salah ketik, ambigu, makna di balik kata kunci, dan formasi lainnya.

Inilah tugas RankBrain, memahami kata kunci yang Anda ketik, atau lebih tegas lagi memahami Anda. Jadi suatu saat RankBrain akan punya kemampuan untuk menampung curahan hati (curhat) Anda dan kemudian menampilkan jawabannya di hasil pencarian.

Sebenarnya RankBrain menambah kemampuan Algoritma Google yang bernama Hummingbird, Algoritma Hummingbird yang diperkenalkan bulan September 2013 dan bertugas untuk memahami dengan cepat dan tepat kata-kata kunci dari kalimat yang Anda ketik.

Apa pengaruh RankBrain terhadap SEO?

  1. Tentu kita harus memperbaiki kualitas konten karena kepuasan pelanggan menjadi salah satu faktor dari algorima ini.  Konten yang seperti percakapan, tanya jawab juga sangat menari bagi pembaca. Karena alur pembacaannya mengalir dan nyaman.
  2. Juga domain website Anda harus tetap dijaga dan ditingkatkan reputasinya untuk menghasilkan konten-konten yang berkualitas dan akurat. Ini juga bisa dinilai dari kepuasan pelanggan.
  3. Kita pernah mendengar bahwa buat satu landing page untuk satu kata kunci, tetapi dengan algoritma RankBrain ini seharusnya sudah tidak diperlukan lagi . Contoh “Mobil Avanza Merah Jakarta”, “Mobil Avanza Warna Merah Jakarta”, “Mobil Avanza Murah berwarna Merah Jakarta” berarti ada 3 Landing Page.

Khusus membahas poin 3, menurut pengalaman penulis, lihat situasi dan kondisi. Anda tetap bisa bertahan menggunakan satu kata atau kalimat kunci untuk satu landing page. Karena pengunjung juga melihat tampilan website Anda. RankBrain bisa mengantar banyak kata kunci yang saling terkait itu ke satu landing page. Contoh “Mobil Avanza Warna Merah” dengan “Mobil Avanza Warna Hitam” bisa saja menjadi 2 (dua) landing page. Jadi ini tetap tergantung situasi dan kondisi.

Semoga Bermanfaat,



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.