Apa itu Link Juice?

Istilah Link Juice pertama kali dilontarkan oleh Greg Boser, seorang konsultan SEO dan kemudian menjadi populer di kalangan praktis SEO setelah berkali-kali dibicarakan dan didiskusikan di forum-forum SEO.

Google saat ini tidak hanya meranking sebuah situs (halaman utama), tetapi setiap halaman dalam situs mempunyai ranking sendiri-sendiri. Tergantung anda mempopulerkan link atau tautan atau halaman situs yang mana.

Contoh sebuah website (halaman utama) http://www.babastudio.com.
Contoh sebuah halaman website http://www.babastudio.com/kursus-seo.

Sekarang saya ingin mempopulerkan tautan (link) halaman kursus seo, yaitu http://www.babastudio.com/kursus-seo.

Kembali lagi ke istilah link juice, link juice tidak bisa dipisahkan dengan istilah Backlink. Untuk mendapatkan sebuah backlink ada dua cara, yaitu dengan cara langsung atau link building atau membangun backlink dengan strategi tertentu seperti jalan-jalan mengomentari blog orang lain, main-main di sosial media yang bertujuan untuk memperkenalkan link anda. Jadi saya akan selalu “menanamkan” link Kursus SEO ke manapun saya pergi dengan cara yang telah disebutkan di atas.

Cara kedua untuk mendapatkan backlink adalah dengan cara tidak langsung atau membuat konten yang bagus sehingga orang tergoda untuk mengomentari, like, share atau menjadikan link anda referensi di website orang lain. Ini dinamakan backlink natural. Ini yang disukai oleh Google.

Dari usaha menanamkan backlink dengan cara langsung atau tidak langsung tersebut. Maka tautan anda (dalam contoh kali ini tautan kursus seo) akan tersebar dimana-mana. Seperti link kursus seo digosipkan dimana-mana. Dan setelah itu orang mengklik link tersebut, dan masuk ke http://www.babastudio.com/kursus-seo.

Kumpulan-kumpulan link yang masuk ke link kursus seo Baba studio tersebut dinamakan sebagai Link Juice. Dan setiap kumpulan link tersebut mempunyai poin yang berbeda. Semakin anda didatangi oleh link yang berkualitas, maka semakin tinggi nilainya. Tentu sama dengan bila anda digosipkan dengan artis terkenal akan berbeda poinnya bila anda digosipkan oleh teman anda. Poinnya akan berbeda.

Mendapatkan Link Juice

Bila anda yang masih bingung membedakan antara Backlink dan Link Juice. Link Juice adalah Backlink yang berkualitas. Anda bisa saja menyebarkan link anda kemana-mana, contoh link Kursus SEO Baba Studio ada di situs porno, situs makanan bayi, maka backlink tersebut tidak berkualitas, asal sebar saja. Ini tidak disukai oleh Google.

Oleh karena itu ada beberapa cara

  1. Dengan membuat blog atau website yang mengarah kepada website utama, contoh seperti http://www.kursus-seo.com selalu mengarah ke website utama http://www.babastudio.com/kursus-seo. Jadi Kursus-SEO.com tidak menyebut website lain dalam artikelnya, ini poin yang sangat tinggi. Lain halnya bila situs anda mendapat link dari Situs A, dan situs A punya PR 3, tetapi di dalamnya punya tautan sampai 20, termasuk ada di dalamnya tautan anda, maka poin link juice anda tidak terlalu besar dibanding bila situs A hanya membiarakan situs anda saja, atau hanya punya satu link ke situs anda.
  2. Dengan menanamkan backlink di situs-situs yang berkualitas dan memang bertujuan membicarakan tentang SEO atau topik anda.
  3. Dengan membuat konten yang bagus sehingga orang secara sukarela menyebarkannya atau menjadikan referensi di website mereka.

Semoga Bermanfaat,

Salam Beyond SEO!



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.