Apa itu Google Penguin ?

Google Penguin adalah nama kode dari salah satu algoritma (jalan pikiran) Google yang pertama kali diluncurkan pada tanggal 24 April 2012. Tujuan dari algoritma ini adalah menghukum situs-situs yang melanggara aturan-aturan yang dibuat oleh Google’s Webmaster Guideline atau Panduan Webmaster Google.

google-penguin

Teknik Black-Hat SEO biasanya digunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab untuk mendapatkan peringkat pertama di halaman Google dengan cara melakukan SPAM dan memanipulasi jumlah tautan yang merujuk ke situs mereka.

Situs anda bisa dikatakan populer, terkenal atau bagus menurut Google bila banyak situs lain yang merujuk ke situs anda. Seperti bila anda banyak digosipkan, maka anda terkenal. Jadi banyak sekali orang-orang berusaha untuk menempelkan link (tautan) ke banyak situs supaya dibilang beken atau terkenal. Semakin banyak situs lain membicarakan situs anda, maka situs anda semakin terkenal.

Apakah demikian?

Jawabannya tidak juga. Karena saat ini, banyak sekali oknum-oknum yang menjual tautan balik (backlink) untuk mereka yang malas sehingga secara instan bisa berada di peringkat pertama. Seolah-olah situs anda digosipkan oleh banyak situs. Padahal situs-situs itu belum tentu berkualitas atau bahkan tidak nyambung dengan tema situs anda.

Contoh situs anda jualan mainan anak-anak, tetapi karena anda membeli banyak, bahkan sampai ribuan backlink, maka terkadang situs anda berada di situs porno, situs mobil, situs baju wanita dewasa, dll. Ini berarti, anda melakukan teknik curang karena ketidakterkaitan situs anda di situs orang lain akan dinilai oleh Google Penguin.

Jadi jangan main curang!!!

Pada bulan Januari 2012, Google memperbaharui algoritma Penguin dengan menghukum situs-situs yang terlalu berlebihan memasang iklan atau terlalu sedikit konten (hanya sepanjang 1 layar monitor).

Jadi agar lolos dari hukuman Google Penguin, jangan menebarkan tautan situs anda ke situs-situs yang tidak jelas dan tidak nyambung dengan situs anda. Buatlah tautan balik (backlink) yang bagus. Kunjungi situs-situs atau sosial media yang berhubungan dengan situs anda, ini akan jauh-jauh lebih aman dan berkualitas. Dan biarkan mereka (situs-situs lain tersebut) merujuk ke situs anda secara alami kalau konten anda bagus. Buatlah meme-meme yang bagus dan menjadi viral sehingga situs anda mendapat tautan balik (backlink) yang bagus dan tentunya akan banyak pengunjung yang alami juga.

Salam Beyond SEO!



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.