Apa itu Google Panda?

Google Panda adalah salah satu algortima (jalan pikiran) mesin pencari Google untuk menyeleksi situs-situs yang memiliki kualitas rendah atau kurus. Artinya situs tersebut secara konten tidak diminati oleh orang atau bahkan mengarah kepada spam (konten sampah yang tidak ada maknanya).

Kok bisa yah mesin pencari Google menilai konten situs? Manusia saja terkadang tidak tahu bagaimana membuat konten yang bagus. Oleh karena itu kita harus belajar dari mesin pencari Google, khususnya algoritmanya.

Google Panda pertama kali dirilis pada bulan Februari 2011. Sudah banyak perubahan yang dilakukan oleh Google untuk memperbaiki algoritmanya, untuk memperbaiki cara penilaiannya terhadap situs-situs yang berkualitas rendah. Ini dikarenakan Google tidak mau menampilkan hasil pencarian yang mengecewakan para pencari yang menggunakan mesin pencarinya.

Nama “Panda” berasal dari seseorang yang bernama Navneet Panda, Google Engineer, yang mengembangkan teknologi yang menilai konten-konten situs yang berkualitas.

Seperti apa sih situs-situs yang berkualitas rendah itu? Atau bisa dibilang situs-situs yang menyebalkan itu seperti apa sih?

google-panda-updatesSalah satunya adalah situs yang punya jumlah iklan banner, popup yang sangat berlebihan. Jadi jangan berlebihan memasang iklan di situs Anda. Peringkat situs anda bisa dinilai rendah oleh Google. Karena pengunjung situs juga benci akan hal tersebut.

Kemudian situs-situs yang hanya melakukan duplikasi konten dari situs orang lain, jadi seakan-akan situsnya diperbaharui terus setiap hari. Tetapi kontennya comot sana comot sini. Ini juga akan mengurangi peringkat situs anda. Dan oleh Google Panda akan dinilai rendah.

Situs-situs yang dipercaya oleh pengunjung juga mendapat nilai tinggi dari Google Panda, seperti salah satu parameternya apakah anda akan memberikan informasi nomor kartu kredit pada situs tersebut. Bila banyak orang percaya, maka situs anda sangat kredibel.

Google Panda akan menilai isi keseluruhan situs atau beberapa bagian situs daripada hanya satu halaman saja. Jadi pastikan jangan terlalu banyak halaman-halaman situs anda yang jelek atau bahkan melakukan spam (menyampah), ini akan mempengaruhi peringkat seluruh situs anda. Halaman-halaman yang jelek tersebut lebih baik dihilangkan dari situs tersebut supaya tidak ter-index oleh mesin pencari Google.

Yang terbaru, pada tanggal 18 Juli 2015, Google memperbaharui algoritma Google Panda menjadi versi 4.2. Tetapi pembaharuan ini tidak akan seketika terasa karena Google perlu waktu untuk meng-index milyaran website yang ada di seluruh dunia dengan algoritma versi terbaru ini. Bila website anda tidak lolos dari Google Panda versi terbaru ini, mungkin akan turun peringkat beberapa bulan kemudian bahkan sampai 2016 baru terasa efeknya.

Setiap pembaharuan akan menjadi semakin cepat dan berkualitas tentunya. Oleh karena itu bagi Anda yang sudah punya konten bagus, tetap pertahankan dan tidak perlu panik terhadap setiap pembaharuan algortima dari Google ini.

Klik Tautan Terkait Untuk Memperbaiki Kualitas Konten.

Salam Beyond SEO!

 



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.