Bootstrap untuk SEO

Bootstrap adalah framework HTML, CSS, dan Javascript paling populer untuk membuat situs menjadi responsif dan kabar baiknya adalah GRATIS! Pembuatnya adalah Mark Otto dan Jacob Thornton di Twitter, dan dirilis sebagai produk open source pada bulan Agustus 2011 di GitHub.

apa-itu-bootstrap

Situs Responsif menggunakan BootStrap bisa ditampilkan diberbagai media Handphone, Tablet, Komputer Desktop.

Berikut adalah keuntungan menggunakan Bootstrap

  1. Ease to use : Siapapun dengan pengetahuan dasar HTML dan CSS dapat menggunakan Bootstrap.
  2. Responsive Features: Website anda dapat beradaptasi sesuai dengan jenis media handphone, tablet, dan komputer desktop.
  3. Mobile-first aproach: Pendekatan utama framework adalah pada tampilan Mobile.
  4. Browser compatiblity: Website anda akan kompatibel dengan semua browser (Chrome, Firefox, Internet Explorer, Safari, dan Opera)

Dimana saya bisa download bootstrap di http://www.getbootstrap.com

Jadi untuk menggunakan ini, anda harus mempunyai pengetahuan dasar HTML dan CSS. Setelah itu anda bisa membuat website dengan mudah dan cepat. Anda bisa membuat banyak microsite-microsite dengan menggunakan bootstrap. Dan diharapkan microsite tersebut akan mengantar traffic pengunjung ke website utama anda.

Dengan menggunakan bootstrap, anda tidak perlu lagi pusing dengan pembagian-pembagian layout di halaman website. Bootstrap sudah mengaturnya dengan rapi untuk anda sehingga tinggal memasukkan konten saja. Jadi anda tidak membuat website dari awal.

Dan kabar baiknya juga, Google suka sekali dengan website yang reponsif sehingga akan memaksimalkan upaya SEO Anda. Mengapa?

  1. Situs yang responsif akan mempunyai banyak tautan (link) ke halaman utama. Dibanding dengan anda membuat halaman utama versi mobile dan halaman utama versi desktop dengan URL yang berbeda. Jadi traffic pengunjung pada halaman utama akan terpecah.
  2. Situs yang responsif mudah di bagikan (share) karena tidak memilih lagi antara URL versi mobile atau URL versi komputer desktop.
  3. Situs yang responsif mudah di index oleh Google sehingga bagus sekali untuk SEO. Dibanding anda membuat mobile app untuk situs anda.

Sumber: w3schools.com

Salam Beyond SEO!



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.