Apa itu Backlink?

Bila anda sering digosipkan orang, maka anda akan menjadi terkenal. Bila yang menggosipkan anda orang terkenal juga (artis, pejabat, penguasa) maka anda akan semakin jadi terkenal. Tetapi masalahnya apakah kualitas gosip itu positif atau negatif. Tentu kita ingin digosipkan positif. Oleh karena itu terkadang ada yang sampai membayar wartawan untuk dijadkan gosip. Atau bahkan ada yang membayar sebuah agen pembuat konflik agar beritanya menjadi heboh dimana-mana.

Sama seperti sebuah website, bila website anda mempunyai link (tautan) dimana-mana yang mengarah ke website anda. Berarti website anda sudah menjadi referensi atau rujukan apakah itu karena bagus atau saking jeleknya atau website anda memang terkenal.  Semakin banyak tautan di luar yang mengarah ke website anda, maka google akan menganggap website anda baik dan kemudian google menempatkan website anda di posisi pertama google. Inilah yang dinamakan backlink, seberapa banyak tautan (link) website anda di website orang lain.

Tetapi google juga memperhitungkan kualitas dari backlink (baca juga: Link Juice), bila situs (website) Kursus-SEO.com ada tautan-nya di situs porno, maka google akan menganggap kualitas backlink tersebut rendah karena tidak nyambung. Jadi hati-hati bila anda ingin menyebarkan tautan situs anda ke situs orang lain.

Istilah backlink kadang juga dikenal sebagai incoming links, inbound links, inlinks, dan inward links yang mempunyai makna sama.

Jumlah dan kualitas backlink inilah yang mempengaruhi pagerank Google untuk menempatkan situs anda di posisi teratas mesin pencari.

Backlink ini adalah upaya situs anda agar eksis dan narsis sebanyak mungkin di situs orang lain. Untuk melakukan upaya ini, salah satunya anda bisa jalan-jalan dan meletakan tautan situs anda saat anda mengomentari artikel di situs orang lain, forum online, mailing list, sosial media dan masih banyak lagi.

Ada juga yang melakukan dengan cara tidak benar seperti melakukan spam atau black seo untuk memaksa tautan situs anda berada sebanyak mungkin di banyak situs. Ini sangat tidak disukai oleh Google. Karena nanti mesin pencarinya akan dicaci maki oleh para penggemarnya karena hasil dari situs mesin pencari tidak bagus karena isinya tidak sesuai.

Oleh karena itu Google berupaya mati-matian untuk “menghabisi” mereka yang mencoba melakukan spam tersebut.

Berikut ini adalah Video Tips Trik Konten yang mengundang Backlink

Video Kursus SEO Part 1: Susahnya mendapatkan Backlink

Video Kursus SEO Part 2: Gunakan Data/Statistik, Bagaimana Caranya?

Video Kursus SEO Part 3: Gunakan Identitas Golongan, Bagaimana Caranya?

Video Kursus SEO Part 4: Konten langsung Action, Bagaimana Caranya?

Salam Beyond SEO!



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.