Apa itu Backlink?

Backlink atau Tautan Balik adalah tautan-tautan (links) dari website lain yang diklik oleh pengunjung sehingga mereka mampir ke website Anda. Semakin banyak backlink yang Anda miliki, semakin nge-TOP website Anda, dan kemudian Google juga akan melirik website Anda sebagai website populer dan peringkat website Anda akan naik.

Tetapi hati-hati dengan backlink yang Anda miliki, banyaknya (kuantitas) backlink belum tentu juga membuat website Anda di halaman pertama Google. Karena Google juga menilai kualitas backlink Anda. Contoh gambar di bawah ini diambil tanggal 7 Januari 2018 dengan kata kunci “Otonomi Daerah“.

Seharusnya domain “go.id” dan jumlah backlink terbanyak (L:62 & LD:84 yang dilihat menggunakan SEO Quake) akan memenangkan pertarungan. Tetapi ternyata tidak, domain “.com” dan jumlah backlink yang lebih sedikit (L:0 & LD:68) malah memenangkan pertarungan. Karena ada parameter lain lagi seperti Kuantitas dan Kualitas Konten serta Pengunjung yang harus dinilai oleh Google.

Apakah Anda masih bingung tentang backlink atau tautan balik ini? Kalau begitu ini penjelasan untuk Anda yang baru memulai ilmu SEO.

Bila anda sering digosipkan orang, maka anda akan menjadi terkenal. Bila yang menggosipkan anda orang terkenal juga (artis, pejabat, penguasa) maka anda akan semakin jadi terkenal. Tetapi masalahnya apakah kualitas gosip itu positif atau negatif. Tentu kita ingin digosipkan positif. Oleh karena itu terkadang ada yang sampai membayar wartawan untuk dijadkan gosip. Atau bahkan ada yang membayar sebuah agen pembuat konflik agar beritanya menjadi heboh dimana-mana.

Sama seperti sebuah website, bila website anda mempunyai link (tautan) dimana-mana yang mengarah ke website anda. Berarti website anda sudah menjadi referensi atau rujukan apakah itu karena bagus atau saking jeleknya atau website anda memang terkenal.  Semakin banyak tautan di luar yang mengarah ke website anda, maka google akan menganggap website anda baik dan kemudian google menempatkan website anda di posisi pertama google. Inilah yang dinamakan backlink, seberapa banyak tautan (link) website anda di website orang lain.

Tetapi google juga memperhitungkan kualitas dari backlink (baca juga: Link Juice), bila situs (website) Kursus-SEO.com ada tautan-nya di situs porno, maka google akan menganggap kualitas backlink tersebut rendah karena tidak nyambung. Jadi hati-hati bila anda ingin menyebarkan tautan situs anda ke situs orang lain.

Tetapi bisa jadi backlink Anda bagus, tetapi tetap saja peringkat SEO Anda tidak naik. Mengapa?

SEO itu memang seperti kehidupan, sesuatu yang sangat misterius. Tetapi bukan berarti kita menyerah begitu saja. Saya menyebutnya misterius karena begitu banyak parameter yang dibuat dan ditetapkan oleh Google dan semuanya saling terkait satu sama lain.

Jadi sekali lagi, kenapa bisa backlink saya sudah bagus tetapi peringkat website saya tidak naik?

Anda bisa membayar mahal backlink, bisa bayar mahal Google Adword, tetapi duit Anda tidak cukup bila hanya difokus hanya membeli backlink mahal dan berkualitas.

Bagaimana website Anda? Ini yang pertama-tama harus dilakukan secara TEKNIS.

  1. Cek kecepatan website Anda (Tampilan Mobile, Desktop) di PageSpeed Insights. Di situ untuk Speed (Kecepatan) ada level Fast (Cepat), Slow (Lambat), Average (Sedang). Dan Optimization (Optimasi) ada level Good (Baik), Medium (Menengah), Low (Rendah).  Usahakan yang terbaik.
  2. Cek website Anda apakah sudah ramah tampilan mobile di Mobile Friendly Test. Kalau  bagus akan keluar tampilan “Page is mobile-friendly”.
  3. Cek apakah ada duplikasi konten di website Anda dengan alat Siteliner.com karena Google akan menurunkan peringkat Anda. Alat ini hanya menemukan duplikasi konten, tetapi tetap Anda harus memilih mana yang benar-benar konten yang sama. Karena mesin akan menghitung berapa persen konten yang satu dengan yang lain cocok, ada yang 50% cocok, ada yang 63% cocok. Setelah itu Anda harus menentukan dan membuang bila memang ada konten yang sama persis.
  4. 302 redirects , pengalihan sementara ketika situs Anda dalam keadaan tidak bisa diakses atau down. Jadi kalau situs Anda down terlalu lama akan menurunkan peringkat.
  5. Redirect chains, hindari pengalihan situs lebih dari satu kali. Contoh ketika anda masuk ke babastudio.com, dialihkan (redirect) ke cacastudio.com, kemudian dari situ dialihkan lagi ke dadastustio.com. Ini hindari.
  6. 404 errors, halaman yang ketika diklik tidak ditemukan. Jadi kalau memang seperti itu buatlah halaman khusus kesalahan.
  7. Canonical errors, banyak url menuju halaman yang sama.
  8. Duplicate META data
  9. Incorrect uses of directives (noindex, nofollow, etc)

Hal-hal tersebutlah yang membuat backlink sebagus dan semahal apapun tidak mempan bagi Google.

Yuk kita lanjutkan…

Istilah backlink kadang juga dikenal sebagai incoming links, inbound links, inlinks, dan inward links yang mempunyai makna sama.

Jumlah dan kualitas backlink inilah yang mempengaruhi pagerank Google untuk menempatkan situs anda di posisi teratas mesin pencari.

Backlink ini adalah upaya situs anda agar eksis dan narsis sebanyak mungkin di situs orang lain.

Mendapatkan Backlink yang BANYAK dan BERKUALITAS

Bagaimana mendapatkan Backlink secara Gratis?

  • Cara paling dasar dan gratis adalah promosi ke berbagai Group Chatting WA, Line, Telegram.
  • Promosi ke berbagai Sosial Media Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus, Youtube, Linked-In.
  • Berkunjung ke situs orang lain dan kemudian meninggalkan komentar berikut link artikel Anda.
  • Membuat artikel di situs-situs yang banyak pembacanya seperti Kompasiana, Blog Detik, Dll.
  • Sediakan waktu untuk berinteraksi dengan orang-orang yang merespon artikel Anda.
  • Sediakan waktu juga untuk menolong atau merespon pertanyaan orang di sosial media. Percayalah, kebaikan Anda akan membuat peringkat SEO website Anda naik karena orang akan berkunjung ke website Anda setelah merasakan kebaikaan Anda 🙂
  • Sediakan Pasukan (teman, kerabat, komunitas) untuk berinteraksi dan merespon orang-orang di sosial media. Buat jadwal berapa kali posting, respon di sosial media tertentu. Yang penting pasukan tersebut konsisten.
  • Gunakan Hootsuite untuk membuat jadwal otomatis status Facebook, Twitter, Instagram sehingga setiap hari Anda seolah-olah update status, padahal mesin yang melakukan.
  • Wah capek yah… hehehe, tidak ada cara instan… usahalah dengan cara-cara yang diberikan. Karena kompetitor Anda juga melakukan itu.

Bagaimana mendapatkan Backlink Berbayar?

  • Memasang di Google Adword, Facebook Ads, Twitter Ads, dll
  • Membeli Backlink Murah seperti di Fiveer , tetapi ini melanggar aturan dari Google’s Webmaster Guidelines, karena setiap harinya Google semakin galak dan bisa melacak jejak Anda ketika membeli backlink. Kalau Anda beruntung lolos, bersyukurlah. Tetapi kalau tidak, maka webiste Anda tidak akan tampil lagi di mesin pencari dan peringkat Anda akan turun. Kalau Anda mau mengambil resiko, silahkan pilih website yang Anda rela kalau suatu ketika website Anda di banned google. Gunakan Email dan IP yang berbeda dengan email utama Anda sehingga Anda tidak terlacak oleh Google.
  • Sediakan Pasukan Berbayar untuk berinteraksi dan merespon orang-orang di sosial media.
  • Mengadakan lomba untuk memperbanyak Backlink, contohnya di Lomba Baba Studio.

Berikut ini adalah Video Tips Trik Konten yang mengundang Backlink.

Video Kursus SEO Part 1: Susahnya mendapatkan Backlink

Video Kursus SEO Part 2: Gunakan Data/Statistik, Bagaimana Caranya?

Video Kursus SEO Part 3: Gunakan Identitas Golongan, Bagaimana Caranya?

Video Kursus SEO Part 4: Konten langsung Action, Bagaimana Caranya?

Salam Beyond SEO!



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Arsitektur, Web Desain, SEO (Search Engine Optimization), Internet Marketing dan Online Branding. Founder dari BABAStudio.com yang berdiri sejak tahun 2003 serta SekolahPINTAR.com yang berdiri sejak bulan Januari 2015.